Ilustrasi VPN di Mobile


        Bandung - VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang kalo dialih bahasakan ke bahasa indonesia adalah Jaringan Virtual Pribadi, Kita bahas lebih lanjut. ISP ( Internet Service Provider) bisa melihat semua yang kamu kunjungi, semua situs dan riwayat pencarian kamu. Itu jelas bukan yang kamu maukan, maka dari itu VPN bakal mengenkripsi semua data yang dikirim dan diterima oleh kamu. 

        Biasanya VPN yang baik akan mengekripsi semua data dan beneran gak main - main dengan data yang kamu pakai, beberapa perusahaan vpn mengaku jika mereka juga tidak bisa membaca data dari pelangganya tetapi beberapa perusahaan vpn tersebut ternyata Bisa. VPN yang sudah mempunyai reputasi biasanya akan dibandrol dengan harga yang mahal, NordVPN atau ExpressVPN contohnya.

        

Kapan Seharusnya Menggunakan VPN?

    Kapanpun, terutama saat berada di jaringan publik seperti Wifi atau Warnet. Pengguna Wifi yang saling terhubung memungkinkan Hacker bisa menyerang perangkat kamu dengan mudah. VPN bisa mempersulit Hacker tersebut denan mengeksripsi data tersebut. Meski menggunakan Jaringan Pribadi seperti Mobile, penggunaan VPN tetap disarankan untuk mencegah ISP atau yang biasa kamu sebut sebagai Operator bisa membaca Semua apa yang kamu lakukan.

Apa Benar VPN Bisa Membuka Situs Yang di Blokir?

        Ya, ISP bisa mengalihkan kita dari situs yang diblokir ke situs lainya, internet sehat misalnya. Ingat jika VPN mengeksripsi kita? ISP tidak akan tahu jika kita mengunjungi suatu situs yang diblokir maka mereka tidak bisa mengalihkan kita ke situs yang lain. 


VPN Tidak bisa mempercepat Internet

        Satu lagi mitos yang sering saya dengar. VPN tidak bisa mempercepat internet kamu, misalnya kamu mempunyai internet 10mbps lalu saat menggunakan internet VPN kamu bisa dapat 20mbps itu Bohong dan gak masuk akal. Lalu kenapa saat menggunakan VPN internet kamu terasa cepat? DNS yang distabilkan bisa membuat internet kamu lebih stabil, contohnya saat saya membuka PIXABAY. Tanpa pengaturan DNS yang tepat Mendownload gambar di PIXABAY akan sangat lama namun menggunakan VPN bisa menyelasaikan masalah tersebut dan Internet akan terasa cepat namun nyatanya sama saja. Bahkan beberapa VPN akan memperlambat internet kamu.

Kenapa Harus menggunakan VPN?

    Mencegah ISP membaca data kamu, Mempersulit Hacker menyerang kamu, Mengoptimalkan DNS dan masih banyak lagi manfaat lainya. VPN juga bisa membuat kamu terhubung dengan beberapa website luar yang gak bisa kamu akses tanpa VPN. VPN membuat kehidupan kamu lebih privasi dan aman. 

Bagaimana Cara memilih VPN?

    Ada banyak agen VPN diluaran sana, ada yang berbayar ada yang gratis. Semuanya menawarkan hal yang sama, PRIVASI. namun pemilihan VPN yang Kuat dan sudah terjamin keamaananya adalah hal wajib. Vpn yang lemah bisa tetap membuat hacker mendeksripsi kunci VPN dan membaca semua data kamu. Tentu saja semuahal diatas tergantung bayaran, ada uang ada barang. Kualitas yang kamu dapat akan sama dengan kuantiti yang kamu bayar.

    Gunakan VPN yang sudah sering digunakan orang, gak usah cari yang mahal atau yang banyak iklanya. Ingat iklan SoppoDido lebih banyak daripada iPhone. Bisa saja iklan VPN yang jelek lebih banyak daripada yang bagus. 


Rekomendasi VPN Terbaik

setelah saya coba semua vpn di dunia yang keji ini, saya mempunyai daftar VPN yang layak untuk dicoba dan enggak.

Nord VPN

    Nord VPN memiliki enkripsi yang kuat, banyak reviewer yang sudah menjamin keamanan NordVPN. Semua yang ditawarkan NordPVN telah diberikan rating oleh security.org sebesar 9.3/10. Dengan Pengguna lebih dari 80 Juta Orang, NordVPN sudah menjadi Favorit dari para Manusia yang hidup didunia yang keji ini. NordVPN dibandrol di harga 40 Ribuan perbulan. Ini favorite VPN saya.


ExpressVPN

    Jika Nord memiliki daya jual Enkripsi yang kuat, Express jauh lebih dari itu. EVPN memiliki 2.000 Lebih server di seluruh dunia, itu jauh lebih banyak dari NordVPN Yang berarti jauh lebih cepat dari NordVPN. ExpressVPN juga menjungjung Privasi tingkat Lanjut, mereka bisa menyembunyika IP, mencegah pelacakan IP dan segala macam dukungan Privasi lainya. Harga ExpressVPN jauh lebih mahal dari Nord, sekitar 90.000 Ribu Perbulan.

Cloudflare 1.1.1.1

    Akhirnya bahas yang gratis. Tapi ini bukan VPN, Aplikasi 1.1.1.1 hanya akan mengatur DNS kamu agar bisa lebih optimal dan cepat. Cloudflare juga bisa membuat kamu membuka situs yang diblokir dan mengunjungi situs luar yang tidak optimal di server lokal. Namun untuk kamu yang tidak terlalu mementingkan Privasi aplikasi ini bisa kamu unduh di Playstore dan Windows. Ini adalah aplikasi Favorite saya setelah NordVPN.

Hola VPN

    Lalu ada Hola VPN, kekuatan enkripsi Hola masih diragukan ditambah Sistem P2P (Peer to peer) yang digunakan Hola. Sistem ini bekerja layaknya torrent, Sehingga Perangkat kamu akan saling berhubungan dengan perangkat pengguna lain. Keamanan Hola masih jadi Perbincangan, meskipun Hola mengaku jika mereka bisa mengeksripsi data kamu dari internet namun mereka tidak bisa melindungi kamu traffic dan pengguna hola lainya. 


Cara Menggunakan VPN di Android

        Gak ada yang spesial, Tinggal install dan Mulai layanan.  Namun seperti yang dibahas diatas, pemilihan VPN masih sama pentingnya sama seperti di PC. NordVPN dan ExpressVPN adalah pilihan pertama jika kamu benar - benar peduli dengan privasi. Namun kalo kamu malas bayar tagihan yang bikin dompet kamu semakin kempis, HolaVPN adalah satu dari sedikit pilihan yang tepat. Jika kamu hanya menggunakan VPN untuk membuka situs yang diblokir, Aplikasi 1.1.1.1 dari cloudflare jauh lebih baik.


Memulai VPN di Windows 10

    Windows 10 memiliki sistem VPN built-in yang sebenarnya lumayan oke. Kamu bisa dapat host gratis dari website diluaran sana, namun sekali lagi keamanaan yang gratis selalu diragukan. Lalu ada Yang berbayar, semua akun VPN Tersebut bisa kamu pakai di VPN Built-in di windows10. Terus Ada juga aplikasi yang sama seperti di Android, NordVPN, ExpressVPN atau Hola dan segambol merek VPN lainya. 

VPN Built-in


    Untuk menghubungkan Windows 10 ke VPN menggunakan Sistem Built-in, Buka lambang Notifikasi dibawah lalu Klik VPN. Atau buka Pengaturan > Network and Internet > VPN. Lalu Klik add a VPN Connection. 



       Akan Muncul Formulir pengisian seperti di atas, lalu buka Browser kalian dan kunjungi VPNJantit klik tombol dibawah!


        Ini adalah tampilan Beranda situsnya, kalian bisa lihat ada yang premium dan free. Kedua kualitas dari VPN tersebut tentunya beda. CF kali ini bakalan kasih contoh yang free, mungkin kedepanya yang bayar - bayar? Siape tahu kan eh? KLIK FREE PPTP 



    Lalu pilih server yang ingin kalian gunakan lokasinya ada dibawah silahkan scroll, CF prefer singapore.



    Pilih server yang tersedia, di kasus CF server yang tersedia adalah Server ke-4.


        Scroll kebawah lalu buat akun vpn-nya. Isi password dan Username kalian, CF isi username dengan cintafilm dan password sayasukasayasuka sebagai contoh.


            Setelah membuat akun, kalian akan mendapatkan semacam data seperti itu, simpan dan jangan ditutup tabnya. Lalu buka kembali pengaturan vpn di windows kalian. Dan isi seperti yang saya lakukan!



        Isi sama persis seperti yang ada di gambar, sekecuali connection name. Connection name kamu bebas ingin isi oleh apapun. lalu klik save!


         Setelah semua setting selesai, klik connect. Satuhal yang harus di ingat akun vpn kamu akan kadaluarsa pada hari ke-3 jadi kamu harus membuat yang baru lalu melakukan setting yang sama. 


Menggunakan Third Party VPN

    Jika menurut kamu menggunakan Built - in VPN itu ribet dan rumit, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya jauh lebih gampang namun manambah beban RAM dan Penyimpanan kamu.

NordVPN (Gratis - Terbatas) 




ExpressVPN (Gratis - Terbatas)




Hola VPN (Gratis)




Cloudflare 1.1.1.1 Warp




     
 Warm Regards,

    MJG

Post a Comment